Kunjungan Edukasi

A. Kunjungan Edukasi di Surabaya

Kegiatan kunjungan edukasi ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 3-5 terdiri dari 142 siswa 14 guru. Tempat tujuan kunjungan edukasi siswa kelas 3-5 adalah TNI Angkatan Laut, Monumen Tugu Pahlawan, dan Masjid Al Akbar Surabaya.
Sesuai dengan rundown yang telah disusun, siswa berkumpul di Taman Krida Budaya Jl. Soekarno Hatta. Untuk siswa kelas 3-5 berkumpul pukul 05.45 WIB. Sebelum berangkat ke lokasi dilakukan briefing terlebih dahulu oleh guru masing-masing kelas. Pembagian kartu pengenal, berdo’a bersama dan berbaris tertib menuju bus yang seluruhnya berjumlah 3 unit. Karena adanya keterlambatan bus, rombongan siswa berangkat pukul 06.30 WIB.
Siswa tiba di TNI Angkatan Laut Surabaya pada pukul 09.30 WIB. Siswa mendapatkan sambutan yang hangat dari pihak TNI Angkatan Laut. Siswa diajak berkeliling melihat benda-benda bersejarah di Museum TNI Angkatan Laut. Petugas menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan benda-benda peninggalan yang ada di sana. Siswa berkeliling museum sampai dengan pukul 11.00 WIB. Selanjutnya siswa akan masuk ke Planetarium. Namun, sebelumnya siswa menunggu selama kurang lebih satu jam di area Planetarium.

Setelah menunggu, siswa dipersilahkan masuk ke dalam Planetarium. Petugas memberikan penjelasan kepada siswa dan menunjukkan macam-macam rasi bintang serta susunan planet dalam sistem tata surya. Siswa berada di dalam Planetarium selama kurang lebih 30 menit.
Kegiatan di Planetarium selesai dilaksanakan. Selanjutnya siswa makan siang pada pukul 12.30 – 13.30 WIB. Siswa makan siang di area luar TNI Angkatan Laut. Siswa bersama guru kemudian melanjutkan perjalanan menuju Monumen Tugu Pahlawan. Setelah melapor kepada pihak pengelola Monumen Tugu Pahlawan, siswa didampingi oleh petugas mengenal lebih luas tentang maksud didirikannya Monumen Tugu Pahlawan, serta sejarah perjuangan Arek-Arek Suroboyo dalam mempertahankan kedaulatan NKRI pada tanggal 10 November 1945.
Petugas mengajak siswa memasuki Museum Tugu Pahlawan yang berada di area bawah tanah. Di sana siswa belajar tentang sejarah perjuangan pemuda Surabaya sambil melihat benda-benda bersejarah yang beraitan dengan perang pada tanggal 10 November 1945. Setelah kegiatan di Monumen Tugu Pahlawan selesai. Siswa bersama guru melanjutkan perjalanan ke Masjid Al Akbar Surabaya. Di masjid siswa sholat Ashar, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Malang pukul 17.00 WIB.

B. Pelaksanaan Kegiatan Taman Safari II Prigen

Selasa, 17 April 2018 siswa kelas 1-2 SD Islam As-Salam mengikuti kunjungan edukasi di Taman Safari. Karena lokasi sekitar sekolah tidak bisa untuk parkir bus, maka start finish kegiatan ini ada di Taman Krida Budaya Sukarno Hatta Malang. Siswa berkumpul 06.45 di Taman Krida Budaya.
Alhamdulillah perjalanan lancar. Rombongan tiba di lokasi pukul 08.45 sebelum pagar Taman Safari dibuka. Pukul 09.00 pintu masuk Taman Safari dibuka, kami segera menyelesaikan administrasi dan memulai Safari adventure denganmenggunakan bus. Dipandu dua guide, perjalanan Safari Adventure semakin memiliki makna karena guide menjelaskan tiap sudut Taman Safari. Mulai dari hewan Asia hingga Afrika.
Setelah berkeliling melihat berbagai hewan dari Asia hingga Eropa, siswa mengikuti show yang digelar. Diantaranya adalah show gajah, dolphin show, aneka satwa, burung predatos, dan tiger show & baby zoo.
Anak-anak antusias sekali mengikuti kegiatan Kunjungan Edukasi ini. Beberapa dari mereka, mengaku kalau untuk binatang tertentu, hari itu adalah pertama kalinya mereka melihat hewan tersebut.
Berhubung di tengah acara hujan turun dengan deras, jadi show burung predator dan tiger show & baby zoo tidak memungkinkan diadakan. Jadi setelah menunggu hujan agak reda kami sholat Ashar dan pulang. Alhamdulillah perjalanan lancar dan sampai Taman Krida satu jam sebelum jadwal kepulangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post